Juara 3 Kelas SKN A di Kopdar SKN 10, Baim Wong Patahkan Mitos Murai Balak yang susah Berprestasi.

Gelaran Kopdar SKN ke 10 yang digelar pada Minggu (17/07) kemarin di gantangan Puspa Agro, Jemundo, Sidoarjo menjadi cerita indah bagi peserta akar rumput ini. Podium 3 dikelas Murai Batu SKN A jadi berkah tersendiri buat sang pemiliknya.

Murai Batu Baim Wong Besutan Mr. Sofyan dari Abdan WP 86 ini memang tampil menjanjikan, meski tergolong di type murai balak ekor 9, namun penampilannya kemarin terbilang luar biasa.

Selain materi komplit lagu kecil, Baim Wong juga mempunyai senjata mematikan utamanya tembakan super keras dan panjang dengan materi Cililin, Kenari dan Kapas tembak dan disamping itu Bang Wong juga sering memunculkan besetan-besetan kasar khas Cucak Jenggotnya.

Baim Wong Murai Type Balak 9.

Maka tak heran ditengah persaingan burung-burung murai batu papan atas diKopdar SKN ke 10 kemarin, burung ini mendapatkan 2 bendera biru dari juri dan merebut podium 3.

Ditanya perasaannya saat usai lomba, Mr. Wahyu merasa puas dengan tampilan gaco andalannya ini yang sudah tampil baik dan keluarkan semua materi yang dipunyainya, namun beliau juga menceritakan kendala yang dihadapinya khususnya soal tingkahnya yang banyak.

“Alhamdulillah saya puas dengan kinerja  Baim Wong mas, lagunya dan tembakanya keluar semua saat dihadapan juri yang bertugas, cuma kendalanya saya masih mencari setingan buat burung ini biar nancep gak banyak namparnya maklum burung ini Msih muda mas”. Ujar Mr. Sofyan.

Usianya sekarang 3 urakan atau sekitar 2,5 tahunan dan dulu saya belinya iseng aja di peternak Blitar tapi bukan trah juara , coba saya rawat dan ternyata bisa jalan dilapangan, maklum burung balak kata mitosnya susah rawatannya mas”. Sambung beliau.

Mengenai perawatan balak sendiri memang mitosnya susah bagi sebagian pemain murai, maka tak heran banyak pemain murai yang menghindari merawat burung bertype ini namun nyatanya bagi Mr. Sofyan sendiri hal itu tidaklah benar.

“Perawatannya cukup mudah kok mas, kita harian pakai setingan kenceng. Embun setiap hari, lalu jemur setiap hari 1 jaman kemudian Umbar hingga jam 1 siang, mandi keramba setiap hari lalu diangin-angin sebentar terus full krodong”. Tandasnya.

Sementara itu untuk EFnya sendiri Full Fooding jangkrik 15,15,15 setia hari setelah jangkrik kita kasih Kroto 1 cepuk itu aja mas”. Sambungnya.

Berbicara prestasi dan penawaran, Baim Wong juga sudah akrab dengan tropy bergengsi baik Latpres maupun Event Cup termasuk beberapa kali meraih podium juara 1 di SKM puspa agro dan penawaran fantastis pun pernah ditawarkan padanya namun belum cocok harganya.

“Prestasinya banyak mas mulai dari Latpres, Cup termasuk sering podium juara di SKM juga dan rencananya minggu ini libur dulu kita siapkan di Event SKM Koblen 2 pekan lagi dan mengenai tawaran sendiri untuk saat ini masih diangka 120 juta tapi belum tak lepas maunya sih 200 juta hehehe…”. Ujar beliau sambil tertawa lepas sekaligus mengakhiri pembicaraan singkat ini.

 

Apa reaksi Anda?

Trending

Terkait

© 2024 Hak Cipta BeritaRN.com