Tips Rawatan Cucak Hijau New 007, Agar Selalu Moncer Di Lapangan.

Cucak hijau meski namanya berawal dari kata cucak namun burung ini bukan bagian dari keluarga merbah atau cucak-cucakan, cucak hijau sangat berbeda sifatnya dengan burung keluarga cucak seperti cucak rowo, cucak kuning, cucak kutilang, merbah belukar dan jenis cucak lainnya. Cucak hijau merupakan burung dari jenis cucak daun yang pandai sekali berkicau dengan merdu dan menirukan kicaunnya jenis burung lainnya.

Cucak hijau burung yang mempunyai daya ingat yang rendah tapi cucak hijau merupakan burung yang paling cepat akrab dengan manusia, jika digoda maka akan mudah sekali untuk bunyi. Cucak hijau juga bukan tipe burung yang mudah stress jadi anda tidak usah khawatir jika salah perawatan burung ini tidak akan langsung mogok untuk bunyi, meski begitu tidak ada salahnya jika melakukan perawatan yang benar untuk cucak hijau anda apalagi dalam kondisi siap lomba.

Pak Lek Suwarno yang merupakan pemain senior Cucak Hijau, asal Kota Soto Lamongan kali ini akan berbagi tips dengan anda bagaimana perawatan cucak hijau New 007 yang merupakan burung rumahan yang di sulap menjadi burung yang selalu tampil on fire di lapangan. Burung yang baru di dapat sekitar 2 bulan lalu kini menjelma menjadi burung yang sangat disegani baik di dalam kota mau pun luar kota, penampilannya yang selalu stabil, jamtrok dan hyper, ditunjang dengan tonjolan isian kapas tembak, greja tarung dan siri siri, serta selalu tampil stabil ditiap penampilannya.

Lek Suwarno Kicau Mania Senior.

Untuk menu harian burung tiap hari wajib diberikan pisang kepok putih yang setengah matang, yang bertujuan agar kondisi birahi selalu stabil saat di bawa ke arena gantangan. Sedangkan untuk menu jangkrik tiap hari hanya pemberian jangkrik sebanyak 3 ekor di pagi dan 3 ekor lagi di sore hari, untuk porsi mandi sebisa mungkin tiap hari kalo tips dari lek Suwarno kasih saja cepuk berisi air di sangkarnya. Jadi kalo pengen mandi pasti langsung nyebur di cepuk.

Harian burung cukup diablak saja tanpa krodong, yang bertujuan agar burung lebih tenang dan mudah akrab dengan sang pemilik serta juga mengurangi potensi didis saat di gantang. Jadi dikrodong hanya saat di bawa ke arena lomba saja. Sedangkan untuk vitamin untuk membuat burung selalu vit dan tampil prima Lek Suwarno selalu memakai EBOD JOSS yang berfungsi untuk meningkatkan stamina juga membuat burung lebih bertenaga dan lebih sehat, serta durasi kerja semakin maksimal saat di atas gantangan.

Sedangkan untuk hari H lomba porsi jangkrik hanya di tambah Pagi 5 ekor dan mau berangkat ke lapangan 3 ekor, yang paling penting pemberian Kroto (yang besar) 5 buah dan ulat hongkong 3 ekor, 3 sesi sebelum lomba. Dengan rawatan tersebut performa New 007 selalu setabil dan menjadi tontonan saat berlaga di atas arena lomba.

Apa reaksi Anda?

Trending

Terkait

© 2024 Hak Cipta BeritaRN.com